hitshat

Selasa, 06 Juni 2017

6 hal yang tidak boleh di lakukan saat wawancara kerja & cara menjawab interview









Kegagalan seseorang dalam mendapatkan pekerjaan bukan hanya dari tes pisikotes tapi banyak dari para pelamar yang gagal dalam sesi wawancara.Terkadang kegagalan tersebut di akibatkan karna kesalahan para pelamar sendiri karna menganggap sepele seperti, cara berpakian,datang tidak tepat waktu,tingkahlaku yang tidak baik, dll.

Berikut beberapa kesalahan saat wawan cara kerja:

1.Kesalahan dalam berpenampilan

Untuk perempuan,jangan berpakaian terlalu ketat jika pihak perusahaan tidak suka atau memang ada peraturan yang melarang karyawannya berpakaian ketat bisa jadi Anda tidak akan di terima oleh perusahaan tersebut.Menurut data Sebanyak 95 persen perekrut kerja mengaku, berpakaian terlalu seksi dapat membuat si pelamar kerja dicoret dari daftar kandidat pekerja.

Untuk perempuan gunakanlah sepatu  yang menutupi jari-jari kaki dan jika memutuskan untuk memakai sepatu berhak, pilihlah yang tingginya kurang dari 3 inci untuk menghindarimu dari kesulitan berjalan.

Untuk aksesorisnya sama dengan pria cukup jam tangan dan perhiasan secukupnya.

Untuk laki-laki gunakanlah pakaian yang rapih seperti kemeja, usahakan kemeja lengan panjang karna terlihat lebih rapih di bandingkan kemeja tangan pendek. sebanyak 95 persen perekrut kerja mengharapkan si pelamar kerja datang dengan pakaian formal saat interview.Untuk celananya jangan pakai celana jeans, Ganti jeans dengan celana panjang peg-leg yang panjangnya semata kaki.

Untuk sepatunya gunakanlah sepatu yang senada dengan warna keseluruhan pakaianmu,jangan menggunakan sepatu olahraga gunakanlah sepatu yang khusus orang kantoran kalo ada.

Pemakaian aksesoris sebaiknya jangan terlalu berlebihan untuk pria cukup gunakan jam tangan atau cincin pernikahan saja.

2.Terlambat datang

Terlambat saat wawan cara kerja merupakan kesalahan fatal.Menurut data Tak peduli apapun alasannya, 91% perekrut kerja mengatakan bahwa mereka yang datang terlambat saat interview akan langsung ditolak.Anda akan di anggap sebagai orang yang tidak disiplin dan tidak menghargai waktu,Anda juga akan di anggap tidak serius untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

3.Terlalu santai

Sikap santai untuk menghilangkan ketegangan boleh-boleh saja tapi,Anda harus lihat kondisinya dulu jika Anda sedang interview sebaiknya Anda jangan terlalu santai karna, Sebanyak 83 persen perekrut kerja mengungkapkan, jika Anda menganggap seorang pewawancara kerja seperti sebagai teman, Anda akan dianggap tidak sopan.

4.Tidak mematikan ponsel saat wawancara kerja

Sebanyak 91% perekrut kerja mengatakan mereka akan segera mencoret Anda dari daftar salah satu kandidat pekerja jika melakukan hal itu.Anda akan di anggap tidak sopan,tidak serius dan tentunya bisa mengganggu sesi wawancara yang sedang berlangsung.

5.Menggunakan kata “aku”

Ketika wawancara sebaiknya gunakanlah tata Bahasa yang benar jangan menggunakan kata “aku”agar lebih sopan gunakan kata “saya”untuk menyebut  diri Anda.

6.Menanyakan gaji sebelum di Tanya

Setiap orang ketika melamar pekerjaan tentu yang pertama adalah ingin mendapat gaji yang lebih besar dari gaji sebelumnya.Tapi tahukah Anda?Anda akan di nilai sebagai orang yang hanya mentingkan gaji semata dan bisa jadi pihak perusahaan meragukan loyalitas Anda terhadap perusahaan.

Jika Anda tidak melakukan kesalahan yang seperti di sebutkan  di atas selamat, Anda kini tinggal menunggu waktu untuk Anda mendapatkan pekerjaan.Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal mempersiapkan diri Anda untuk menjawab setiap pertanyaan yang di tanyakan oleh si pewawancara.

Artikel Terkait: 7 kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja




Supaya Anda siap ketika menjawab setiap pertanyaan yang di ajukan oleh si pewawancara,sebaiknya Anda pelajari beberapa tips cara menjawab pertanyaan dengan cerdas seperti yang di contohkan oleh blog.8share.com di bawah ini:



1.Tolong ceritakan mengenai diri anda

Jika mendapat pertanyaan seperti ini, jawablah dengan rumus: Present-Past-Future. Jadi anda perlu menceritakan mengenai anda saat ini, lalu apa yang anda lakukan di masa lalu, dan apa rencana anda setelah diterima nantinya.

2. Mengapa anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan terdahulu?

“Saya mencari kesempatan yang lebih baik sekaligus mengembangkan keahlian saya.”

3. Apa kekuatan terbesarmu?

“Saya belajar dengan cepat dan bisa bekerja dengan baik di dalam team.”

4. Bagaimana latar belakang pendidikan telah mendukung karir anda?

“Pendidikan saya tidak hanya fokus pada teori saja, tapi juga praktek-praktek yang bisa diterapkan berdasarkan teori-teori tersebut.” 

5. Mengapa kami harus menerima anda?

“Jika saya diterima, itu akan menjadi kesempatan berharga untuk menunjukkan keahlian saya. Apapun tantangannya, saya akan memastikan saya akan bisa menaklukkannya sesuai dengan waktu yang ditentukan.”

6. Pernahkah anda mengalami konflik dengan atasanmu?

 “Pernah. Seringkali memang ada ketidaksetujuan yang perlu diselesaikan. Saya menyadari bahwa konflik akan membantu saya untuk memahami perspektif orang lain. Dengan sedikit kesabaran dan waktu, saya akan mendengar sudut pandang mereka dan mengajukan solusi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.”

7. Apakah anda merasa sudah sukses?

“Ya. Saya merasa sukses ketika ingat kalau saya banyak dikelilingi orang-orang baik. Mereka adalah keluarga, sahabat atau kolega yang sudah menemani perjalanan hidup saya sampai sejauh ini.”

8. Seandainya anda diterima, kira-kira sampai kapan anda mau bekerja di perusahaan ini?

“Sepanjang saya merasa tertantang secara profesional.”

9. Apa yang anda tidak suka dari kolega anda?

“Saya percaya team work. Kalau ada yang membuat saya tidak suka, saya akan menghindarinya, kecuali itu mengganggu saya secara pribadi.”

10. Bagaimana cara anda bekerja di bawah tekanan?

“Tetap tenang. Saya pikir yang akan membantu saya di situasi seperti itu adalah kesabaran dan juga kemampuan untuk multi tasking.”

11. Bagaimana anda melihat diri anda dalam lima tahun ke depan?

“Saya melihat diri saya menduduki jabatan senior, mengelola portfolio penting di perusahaan ini.”

12. Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini?
“Saya bisa berkembang secara profesional dan memiliki masa depan yang cerah.

13. Apa kelemahan terbesarmu? 

“Saya hanya bisa konsentrasi untuk satu hal pada satu waktu.”

14. Selain di perusahaan kami, di perusahaan mana lagi anda mengikuti interview?

Jika mendapat pertanyaan seperti ini, artinya interviewer tertarik untuk menerima anda dan ingin mengetahui “kompetisi” untuk mendapatkan anda. Contoh jawaban: “Saya telah melamar di beberapa perusahaan IT dimana saya dapat menggunakan keahlian saya untuk menganalisis kebutuhan klien untuk menemukan solusi bagi masalah teknologi yang mereka hadapi.”

15. Apakah anda pertanyaan untuk kami?

Kapan saya bisa mulai bergabung?



Kesimpulan

Ketika melamar pekerjaan cari tau terlebih dahulu sarat apa saja yang di terapkan oleh perusahaann sehingga Anda tidak melanggarnya dan Tidak kalah penting bahkan sangat penting Anda harus mempersiapkan diri dengan segala pertanyaan yang akan di ajukan oleh pewawancara.Semoga Artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar